Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana menambahkan user di zimbra
A. Pengertian
Zimbra Collaboration Suite (ZCS) adalah sebuah produk groupware produk Zimbra, Inc, yang terletak di San Mateo, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini dibeli oleh Yahoo! pada September 2007. Perangkat lunak ini terdiri dari komponen klien dan server. Zimbra tersedia dalam dua versi: versi open source, dan versi yang didukung secara komersial ( "Zimbra Network") dengan komponen sumber komersil. Versi perangkat lunak ini tersedia dari Zimbra untuk diunduh dan digunakan dengan bebas, serta dari mitra resmi Zimbra.
B. Latar Belakang
Latar belakang dari kegiatan berikut adalah karena ketika barusaja di install, di server zimbra belum terdapat account sehingga agar dapat digunakan oleh user, perlu di tambahkan account oleh administrator
C. Maksud Dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari kegiatan berikut adalah mampu menambahkan account sehingga user dapat menggunakan dan memanfaatkan service yang ada dengan.
D. Alat Dan Bahan
1. Server yang telah terinstall Zimbra
2. PC / laptop
3. Koneksi internet
E. Alokasi Waktu
5 - 10 menit
F. Langkah Kerja
1. Login terlebih dahulu ke admin console
2. Kita klik add account
3. Lalu isi kolom tersebut sesuai si pemilik account nantinya,
4. Scroll ke bawah, lalu beri password untuk account tersebut, jangan lupa untuk memilih timezone
5. Jika sudah, bisa langsung klik finish atau next untuk mengisi data secara lebih lengakap
6. Untuk user login page nya hanyalah alamat ip server tanpa di ikuti port, misalnya disini untuk login page user di server saya adalah https://192.168.43.2 lalu masukan username dan password yang sudah di buat oleh admin sebelumnya
7. Ini adalah tampilan zimbra web client
G. Kesimpulan
Account dapat di buat oleh administrator dan client hanya tinggal login dan memanfaatkan service yang tersedia.
Referensi
http://aafikry.web.id/index.php/2016/07/15/how-to-install-zimbra-on-ubuntu/
0 comments